Saling Berbagi Dengan Orang Lain -->

Saling Berbagi Dengan Orang Lain

Saturday, March 21, 2020, March 21, 2020

Cara Menghasilkan Pahala dari Orang Lain


Adapun memperoleh pahala, ialah dengan menghadiri jenazah, mengunjungi orang sakit dan datang pada shalat dua hari Raya (hari raya Idul fitri dan hari raya Idul adha). Adapun datang pada shalat jama'ah, adalah tak boleh tidak. Dan menghadiri jama'ah pada shalat-shalat yang lain juga, tidak diberi kelonggaran untuk meninggalkannya. Kecuali kerana takut kepada kesukaran yang nyata, yang menggantikan pahala jama'ah yang hilang bahkan menambahkan lagi di atas yang hilang itu. Dan yang demikian, tidaklah terjadi, kecuali jarang sekali. Dan seperti itu pula, pada menghadiri perkawinan dan undangan, akan memperoleh pahala, di mana pada kehadiran tersebut memasukkan kegembiraan pada hati muslim.

Adapun menghasilkan pahala bagi orang lain, maka yaitu : bahwa ia membuka pintu supaya manusia berkunjung pada kepadanya. Atau supaya manusia, berta'ziah (berbela-sungkawa) kepadanya, waktu mendapat musibah. Atau menyampaikan ucapan tahniah (ucapan selamat) waktu ia memperoleh nikmat. Sesungguhnya dengan demikian, orang itu akan memperoleh pahala. Dan seperti itu pula, apabila ia dari golongan ulama dan mengizinkan bagi orang banyak berziarah kepadanya, niscaya orang banyak akan memperoleh pahala berkunjung. Dan dengan memungkinkan yang demikian, ia menjadi sebab pada pahala itu. Maka seyogialah ditimbang akan pahala bercampur baur ini dengan bahaya-bahayanya yang telah kami sebutkan dahulu. Dan ketika itu, kadang-kadang uzlah yang kuat. Dan kadang-kadang mukhalathah (bercampur baur) yang kuat.  

Diceritakan dari segolongan salaf (ulama terdahulu), seperti Malik dan lainnya, tidak mau memperkenankan undangan, mengunjungi orang sakit dan menghadiri jenazah. Bahkan, adalah mereka selalu di rumahnya. Mereka tidak keluar, kecuali ke Jum'ah atau ziarah kubur. Dan setengahnya meninggalkan kota dan menuju ke puncak-puncak bukit, untuk menyelesaikan diri bagi ibadah. Dan lari dari segala yang menyibukkan.  

TerPopuler