Thariqah Mu'tabarah -->

Thariqah Mu'tabarah

Tuesday, May 22, 2018, May 22, 2018


Kata thariqah artinya jalan dan mu'tabarah artinya  yang diakui, sanadnya muttashil (bersambung) sampai Rasulullah. Jadi, thariqah mu'tabarah artinya jalan yang diakui/disahkan para Ulama NU, jumlahnya puluhan, dan memiliki tata cara amaliah sendiri-sendiri. Mereka yang disahkan Muktamar Thariqat itulah yang sah dan jelas ada sanadnya, serta benar bersumber dari Rasulullah. Sedang tarekat lainnya yang tidak disahkan Muktamar Ahli Thariqat, orang-orang NU meragukan keabsahannya.

Dalam hal ini, orang NU dibebaskan: boleh ikut tarekat, boleh tidak. Bagi yang ikut, silahkan mengamalakan ajaran tarekatnya. Masing-masing tarekat mempunyai amaliah sendiri-sendiri. Kemudian semuanya sepakat membentuk organisasi at-Thariqat al-Nahdhiyah dan sudah 13 kali mengadakan muktamar, yang terakhir pada 26-27 Maret 2005 di Pekalongan, Jawa Tengah.

Mungkin di organisasi lain tak ada ajaran tarekat kalaulah ada, tidak sebanyak di NU yang berjumlah 45 madzhab/jalur. Memang, orang NU suka amaliah ysng penuh puji-pujian, sanjungan kepada Allah yang MahaKuasa, maupun terhadap Nabi Muhammad, Manusia pilihan, manusia kekasih Tuhan, yang tak ada duannya di antara hamba Allah.

TerPopuler