Sambutlah Bulan Ramadhan dengan Gembira! -->

Sambutlah Bulan Ramadhan dengan Gembira!

Sunday, April 26, 2020, April 26, 2020



Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa dibanding bulan lainnya, di dalam bulan Ramadhan seorang muslim mampu mendapatkan ganjaran yang lebih ketimbang bulan lainnya. Dalam bulan Ramadhan Allah SWT memberikan fasilitas apapun yang tidak ada di bulan lainnya, semua fasilitas yang tidak ada dan tidak mungkin didapat dari bulan-bulan biasa, dapat didapatkan di bulan Ramadhan ini. Sebab di bulan Ramadhan ini Allah SWT menunjukkan keagungan-Nya, melalui ganjaran yang tumpah ruah yang diberikan hanya untuk umat Nabi Muhammad SAW, maka sangatlah rugi bila seseorang membuang kesempatan yang sangat berharga ini dengan tidak melakukan kebaikan apapun di bulan yang penuh berkah ini.
Rasulullah SAW Bersabda:

عن النبي عليه الصلاة والسلام أنه قال: من فرح يدخل رمضان حرم الله جسده على النيران.           
                           
Barang siapa yang gembira ria masuknya bulan Ramadhan, maka Allah SWT mengharamkan jasadnya dari api neraka
Sungguh Allah SWT Maha Kasih Sayang. Substansi dari hadits diatas sebenarnya hanya ke kata "senang", tetapi kalau kita menyadari, bahwa hanya dengan senang, gembira saja Allah SWT mengharamkan jasad kita disentuh api neraka, apalagi lebih dari itu, maksudnya, disambut dengan riang gembira juga di barengi melakukan segala kebaikan yang ada di bulan Ramadhan. 

Memang hanya dengan senang pun kita sudah dijauhkan dari api neraka, sebab pembahasan hadits di atas konteksnya tentang gembira atau senang. Jadi dengan sikap gembiranya seorang muslim menyambut masuknya bulan Ramadhan, sudah bisa menjauhkan dirinya dari api neraka, apalagi mengisi bulan Ramadhan dengan amalan-amalan lain, yang mana setiap amalan yang dikerjakan akan dibalas berlipat, berlipat ganda bahkan dua kali lipat dari amalan yang biasa kita kerjakan di hari biasa. Sebab hanya di bulan Ramadhan, amalan-amalan yang biasa kita kerjakan di hari biasa, mendapatkan ganjaran yang ekstra plus dari hari biasanya.

TerPopuler