Rahasia Vietnam, Lawan Corona hingga Nol Korban Jiwa -->

Rahasia Vietnam, Lawan Corona hingga Nol Korban Jiwa

Friday, April 17, 2020, April 17, 2020

Rahasia Vietnam, Lawan Corona hingga Nol Korban Jiwa

Rahasia Vietnam, Lawan Corona hingga Nol Korban Jiwa

Sejak pertama kali Virus Corona muncul di negara Cina yaitu di kota wuhan dengan ratusan sampai ribuan korban jiwa berhasil membuat separuh dari belahan dunia geger massal. Virus Corona saat berada di Cina pertama kali di temukan oleh seorang dokter yang mengirimkan pesan Wechat sekaligus memberikan pernyataan akan bahaya Virus tersebut, namun aparat kepolisian dari Negara Cina menganggap dokter tersebut telah membuat informasi atau isu yang membuat negara Cina panik. Alhasil pemerintah Cina pun merasa menyesal atas ketidakperayaan kepada dokter tersebut sekaligus menegur aparatnya yang lamban dalam menangani kasus tersebut.

Virus Corona pertama kali masuk ke Indonesia pada awal maret 2020, korban pertama yang terpapar Virus Corona berasal dari Depok Jawa Barat dan berhasil menyebar dan menular dengan sangat cepat yaitu dari manusia ke manusia, dan dari benda-benda yang pernah disentuh oleh manusia yang positif Corona. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah dan juga masyarakat untuk bahu membahu mencegah penyebaran Pandemi Virus Corona ini. Melalui aturan terbaru pemerintah memberlakukan berbagai aturan-aturan yang kemudian bertujuan untuk menangkal Pandemi Coronavirus yang penularannya begitu cepat menyebar ke tubuh manusia.

Berbagai negara di dunia pun sibuk mencari vaksin khusus yang bisa menangkal laju Virus Corona ini, negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Italia, Inggris, Jerman, dan negara lainnya, berusaha keras secara maksimal untuk mencegah laju perkembangan dari Virus Corona yang dari hari ke hari perkembangannya begitu signifikan. Tidak terkecuali negara-negara yang ada di Asia, salah satunya adalah negara Vietnam. Vietnam menjadi salah satu negara yang berhasil menangkal laju dari covid-19 alias Coronavirus yaitu dari 194 kasus positif corona,  25 orang sembuh, dan belum ada korban jiwa dan itu dilakukan dengan keterbatasan yang ada. Bagaimanakah langkah-langkah yang dilakukan oleh Vietnam untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona ini.

1. Pemerintah yang responif jadi faktor penting keberhasilan Vietnam dalam menanggulangi covid-19.

2. Saat kasus positif baru 6, pemerintah Vietnam sigap dan segera nyatakan status epidemi kepada warganya.

3. Memblokade penerbangan dari dan ke Cina sekaligus memperketat pemberian visa bagi turis asing.

4. Begitu kasus positif desa Son Loi mencapai 16 orang, pemerintah sigap dengan langsung me-lockdown desa Son Loi yang dihuni 10.600 orang.

5. Isolasi, pemeriksaan, dan pelacakan ke pasien positif dan orang berpotensi tertular gencar dilakukan.

6. Pemerintah yang terbuka dan transparan terhadap informasi.

7. PM Nguyen Phuc sejak awal nyatakan perang lawan covid-19.

8. Pemerintah Vietnam mengerahkan mahasiswa kedokteran, dokter, dan suster yang aktif maupun pensiunan.

9. Menurut Dr. Kidong Park perwakilan WHO di Vietnam, Pemerintah negara Vietnam telah merespon sejak awal wabah ini terjadi dengan mengintensifkan pengawasan, meningkatkan tes lab, memastikan kontrol dan pencegahan penularan.

TerPopuler