Tidak Hanya Banser, Sayidina Umar bin Khatab pun Berdendang Saat Haji -->

Tidak Hanya Banser, Sayidina Umar bin Khatab pun Berdendang Saat Haji

Thursday, March 29, 2018, March 29, 2018



Setelah viral video Jamaah Banser melantunkan Ya Lal Wathan muncul polemik di media sosial.
Dalam sebuah grup WhatsApp terlibat diskusi intens, dan berikut dalil yang diambil dari Syarah Kitab Al-Yaqut An-Nafis yang memperbolehkan lagu dan syiir dilantunkan saat haji dan umroh, Bahkan Sayyidina Umar bin Khattab pun juga bernyanyi saat haji.
Petikan dari Syarah Kitab Al-Yaqut An-Nafis:
Pengarang kitab ini telah mengulas tentang hal-hal yang makruh dalam haji dan umrah, penjelasan tentang rukun, yang wajib dan sunnah sudah dijelaskan sebelumnya, hingga sampai pada ulasan (Pengarang ini) yang ia berkata…. “dan tidak diperkenankan yang sedang naik haji berbicara terkait hal yang tidak ada manfaatnya, dan apakah diperbolehkan melantunkan lagu dan nasyid?”
Para ulama berkata: diperbolehkan syiir yang tidak diharamkan/dilarang. Telah diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dalam Kitab “Al-Adab Al-Mufrad” terkait hadits dari Rasulullah Saw, beliau bersabda “Syiir seperti perkataan, bila syiir baik maka seperti perkataan yang baik, dan buruknya syiir seperti buruknya perkataan.”
Dan para ulama juga berpendapat: Sebagian Sahabat Rasulullah Saw berdendang saat haji, di antaranya Sayyidina Umat bin Khaththab Ra, namun bukan berarti orang yang naik haji bisa menghabiskan waktunya untuk berdendang dan syiiran, tapi saat mereka merasa dalam tekanan dan himpitan (psikologis) maka tidak lah berdosa (berdendang dan syiiran) untuk menghibur jiwa dengan penggalan lagu dan syiiran yang baik.
ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻴﺎﻗﻮﺕ ﺍﻟﻨﻔﻴﺲ ﺹ٣٣٧
ﻳﺘﻜﻠﻢ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﻋﻦ ﻣﻜﺮﻭﻫﺎﺕ ﺍﻟﺤﺞ ﻭﺍﻟﻌﻤﺮﺓ، ﻭﻗﺪ ﺗﻘﺪﻡ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﻋﻦ ﺍﻷﺭﻛﺎﻥ ﻭﺍﻟﻮﺍﺟﺒﺎﺕ ﻭﺍﻟﺴﻨﻦ .
ﺍﻟﻰ ﺍﻥ ﻗﺎﻝ ———–
ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﻟﻠﺤﺎﺝ ﺍﻥ ﻻ ﻳﺘﻜﻠﻢ ﺑﻜﻼﻡ ﻏﻴﺮ ﻣﻔﻴﺪ، ﻭﻫﻞ ﻳﺒﺎﺡ ﺍﻟﻐﻨﺎﺀ ﻭﺍﻹﻧﺸﺎﺩ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺞ؟؟؟
ﻗﺎﻟﻮﺍ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﺎﻟﺸﻌﺮ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡ ﻭﻗﺪ ﺭﻭﻱ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻓﻲ ﺍﻷﺩﺏ ﺍﻟﻤﻔﺮﺩ ﺣﺪﻳﺜﺎ ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ “ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺑﻤﻨﺰﻟﺔ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﻓﺤﺴﻨﻪ ﻛﺤﺴﻦ ﺍﻟﻜﻼﻡ، ﻭﻗﺒﻴﺤﻪ ﻛﻘﺒﻴﺢ ﺍﻟﻜﻼﻡ ”.
ﻭﻗﺎﻟﻮﺍ ﺇﻥ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﻛﺎﻥ ﻳﻐﻨﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺞ، ﻭﻣﻨﻬﻢ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﺍﻟﺨﻄﺎﺏ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻟﻜﻦ ﻟﻴﺲ ﻣﻌﻨﻰ ﻫﺬﺍ ﺃﻥ ﻳﺼﺮﻑ ﺍﻟﺤﺎﺝ ﻭﻗﺘﻪ ﻓﻲ ﻏﻨﺎﺀ ﻭﺃﺷﻌﺎﺭ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﺃﺣﺲ ﺑﺎﻧﻘﺒﺎﺽ ﺃﻭ ﺿﻴﻖ ﻻ ﺑﺄﺱ ﺑﺎﻟﺘﺮﻭﻳﺢ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﺑﺸﻲﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﻐﻨﺎﺀ ﻭﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﺤﺴﻦ .
Hujjah-hujjah yang lain:
1. Rasulullah SAW. Bersabda:
ﺍﻧﻤﺎ ﺟﻌﻞ ﺍﻟﻄﻮﺍﻑ ﺑﺎﻟﺒﻴﺖ ﻭﺑﻴﻦ ﺍﻟﺼﻔﺎ ﻭﺍﻟﻤﺮﻭﺓ ﻭﺭﻣﻲ ﺍﻟﺠﻤﺎﺭ ﻹﻗﺎﻣﺔ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻠﻪ
“ Dijadikannya thawaf di baitullah, sa’I antara shofa – marwah, dan melempar jimar adalah demi menjaga konsistensi diri dalam berdzikir pada Allah.”
Dari hadits ini tertera secara jelas bahwa thawaf, sa’I, dan melempar jumrah adalah bagian ibadah yang harus diisi penuh dengan dzikir kepada Allah SWT. Tidak sepatutnya bila dalam pelaksanaan ritual ibadah tersebut ternyata kita lalai (ghoflah) dari dzikir kepada Allah terlebih lagi masih membawa kebiasaan maksiat dan belum mau bertaubat.
Jadi, sa’i tidak hanya diisi dengan kalimat-kalimat doa, tapi juga dianjurkan untuk melafadlkan dzikir-dzikir.
Apakah syiir ya lal wathan termasuk kategori dzikir?
Jawabannya: iya.
Karena syiir tersebut mengajak pada dua kebaikan yakni ingat kepada Allah dan mengajak cinta tanah air.
ﻋﻮﻥ ﺍﻟﻤﻌﺒﻮﺩ ﻭﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻘﻴﻢ ‏( /5 239 ‏)
‏( ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺟُﻌِﻞَ ﺍﻟﻄَّﻮَﺍﻑُ ﺑِﺎﻟْﺒَﻴْﺖِ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﻜَﻌْﺒَﺔِ ‏( ﻭَﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟﺼَّﻔَﺎ ﻭَﺍﻟْﻤَﺮْﻭَﺓِ ‏) ﺃَﻱْ ﻭَﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺟُﻌِﻞَ ﺍﻟﺴَّﻌْﻲُ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ ‏( ﻭَﺭَﻣْﻲُ ﺍﻟْﺠِﻤَﺎﺭِ ﻟِﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ ﺫِﻛْﺮِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ‏) ﻳَﻌْﻨِﻲ ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺷُﺮِﻉَ ﺫَﻟِﻚَ ﻟِﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ ﺷِﻌَﺎﺭِ ﺍﻟﻨُّﺴُﻚِ
ﻗَﺎﻟَﻪُ ﺍﻟﻤﻨﺎﻭﻱ ﻗﺎﻝ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻘﺎﺭﻯﺀ ﺃَﻱْ ﻟِﺄَﻥْ ﻳُﺬْﻛَﺮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻓِﻲ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟْﻤَﻮَﺍﺿِﻊِ ﺍﻟْﻤُﺘَﺒَﺮَّﻛَﺔِ ﻓَﺎﻟْﺤَﺬَﺭَ ﺍﻟْﺤَﺬَﺭَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻐَﻔْﻠَﺔِ ﻭَﺍﻟﻄَّﻮَﺍﻑُ ﺣَﻮْﻝَ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﻭﺍﻟﻮﻗﻮﻑ ﻟﻠﺪﻋﺎﺀ ﻓَﺈِﻥَّ ﺃَﺛَﺮَ ﺍﻟْﻌِﺒَﺎﺩَﺓِ ﻟَﺎﺋِﺤَﺔٌ ﻓِﻴﻬِﻤَﺎ
ﻭَﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺟُﻌِﻞَ ﺭَﻣْﻲُ ﺍﻟْﺠِﻤَﺎﺭِ ﻭَﺍﻟﺴَّﻌْﻲُ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟﺼَّﻔَﺎ ﻭَﺍﻟْﻤَﺮْﻭَﺓِ ﺳُﻨَّﺔً ﻟِﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ ﺫِﻛْﺮِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻳَﻌْﻨِﻲ ﺍﻟﺘَّﻜْﺒِﻴﺮُ ﺳُﻨَّﺔٌ ﻣَﻊَ ﻛُﻞِّ ﺟَﻤْﺮَﺓٍ ﻭَﺍﻟﺪَّﻋَﻮَﺍﺕُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺴَّﻌْﻲِ ﺳُﻨَّﺔٌ
ﻣﺮﻋﺎﺓ ﺍﻟﻤﻔﺎﺗﻴﺢ ﺷﺮﺡ ﻣﺸﻜﺎﺓ ﺍﻟﻤﺼﺎﺑﻴﺢ ‏( /9 187 ‏) .
ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻘﺎﺭﻱ : ﺃﻱ ﻷﻥ ﻳﺬﻛﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﻮﺍﺿﻊ ﺍﻟﻤﺘﺒﺮﻛﺔ، ﻓﺎﻟﺤﺬﺭ ﺍﻟﺤﺬﺭﻣﻦ ﺍﻟﻐﻔﻠﺔ . ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺧُﺼﺎ ﺑﺎﻟﺬﻛﺮ ﻣﻊ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﻘﺼﻮﺩ ﻣﻦ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺍﺕ ﻫﻮ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻷﻥ ﻇﺎﻫﺮﻫﻤﺎ ﻓﻌﻞ ﻻ ﺗﻈﻬﺮ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﺍﻟﺘﻌﺒﺪ ﻟﻠﻌﺒﻮﺩﻳﺔ ﺑﺨﻼﻑ ﺍﻟﻄﻮﺍﻑ ﺣﻮﻝ ﺑﻴﺖ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﺍﻟﻮﻗﻮﻑ ﻟﻠﺪﻋﺎﺀ ﻓﺈﻥ ﺃﺛﺮ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﻻﺋﺤﺔ ﻓﻴﻬﻤﺎ . ﻭﻗﻴﻞ ﺇﻧﻤﺎ ﺟﻌﻞ ﺭﻣﻲ ﺍﻟﺠﻤﺎﺭ ﻭﺍﻟﺴﻌﻲ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺼﻔﺎ ﻭﺍﻟﻤﺮﻭﺓ ﺳﻨﺔ ﻹﻗﺎﻣﺔ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻠﻪ، ﻳﻌﻨﻲ ﺍﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﻣﻊ ﻛﻞ ﺣﺠﺮ ﻭﺍﻟﺪﻋﻮﺍﺕ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻌﻲ ﺳﻨﺔ، ﻭﻻ ﻳﺒﻌﺪ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻟﻚ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﻣﻲ ﻭﺍﻟﺴﻌﻲ ﺣﻜﻤﺔ ﻇﺎﻫﺮﺓ ﻭﻧﻜﺘﺔ ﺑﺎﻫﺮﺓ ﻏﻴﺮ ﻣﺠﺮﺩ ﺍﻟﺘﻌﺒﺪ ﻭﺇﻇﻬﺎﺭ ﺍﻟﻤﻌﺠﺰﺓ، ﺛﻢ ﺃﻃﺎﻝ ﺍﻟﻘﺎﺭﻱ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻧﻘﻼً ﻋﻦ ﺍﻟﻄﻴﺒﻲ ﻭﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ، ﻣﻦ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻮﻗﻮﻑ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﺭﺟﻊ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﺮﻗﺎﺓ ﻭﺃﺿﻮﺍﺀ ﺍﻟﺒﻴﺎﻥ
2. Hukum menggaungkan syi’ir ya lal wathon.
Menggaungkan syi’ir yang bertemakan dzikir pada Allah dan cinta tanah air adalah sunnah baik di dalam masjid terlebih lagi di luar masjid.
ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺍﻟﻘﺮﻃﺒﻲ ‏( /12 271 ‏)
ﻭَﻗَﺪْ ﺭُﻭِﻱَ ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓِﻲ ﻏَﻴْﺮِ ﺣَﺪِﻳﺚٍ ﺭُﺧْﺼَﺔٌ ﻓِﻲ ﺇِﻧْﺸَﺎﺩِ ﺍﻟﺸِّﻌْﺮِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺴْﺠِﺪِ . ﻗُﻠْﺖُ : ﺃَﻣَّﺎ ﺗَﻨَﺎﺷُﺪُ ﺍﻟْﺄَﺷْﻌَﺎﺭِ ﻓَﺎﺧْﺘُﻠِﻒَ ﻓِﻲ ﺫَﻟِﻚَ، ﻓَﻤِﻦْ ﻣَﺎﻧِﻊٍ ﻣُﻄْﻠَﻘًﺎ، ﻭَﻣِﻦْ ﻣُﺠِﻴﺰٍ ﻣُﻄْﻠَﻘًﺎ، ﻭَﺍﻟْﺄَﻭْﻟَﻰ ﺍﻟﺘَّﻔْﺼِﻴﻞُ، ﻭَﻫُﻮَ ﺃَﻥْ ﻳُﻨْﻈَﺮَ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺸِّﻌْﺮِ ﻓَﺈِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻣِﻤَّﺎ ﻳَﻘْﺘَﻀِﻲ ﺍﻟﺜَّﻨَﺎﺀَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ ﺃَﻭْ ﻋَﻠَﻰ ﺭَﺳُﻮﻟِﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻭِ ﺍﻟﺬَّﺏَّ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﻛَﻤَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﺷِﻌْﺮُ ﺣَﺴَّﺎﻥَ، ﺃَﻭْ ﻳَﺘَﻀَﻤَّﻦُ ﺍﻟْﺤَﺾَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ ﻭَﺍﻟْﻮَﻋْﻆَ ﻭَﺍﻟﺰُّﻫْﺪَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍﻟﺘَّﻘَﻠُّﻞَ ﻣِﻨْﻬَﺎ، ﻓَﻬُﻮَ ﺣَﺴَﻦٌ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺴَﺎﺟِﺪِ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻫَﺎ،
ﺍﻟﻔﻘﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺬﺍﻫﺐ ﺍﻷﺭﺑﻌﺔ ‏( /1 262 ‏)
ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﺍﻟﺸﻌﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﺸﺘﻤﻼً ﻋﻠﻰ ﻣﻮﺍﻋﻆ ﻭﺣﻜﻢ ﻭﺫﻛﺮ ﻧﻌﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﺻﻔﺔ ﺍﻟﻤﺘﻘﻴﻦ ﻓﻬﻮ ﺣﺴﻦ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﺸﺘﻤﻼً ﻋﻠﻰ ﺫﻛﺮ ﺍﻷﻃﻼﻝ ﻭﺍﻷﺯﻣﺎﻥ، ﻭﺗﺎﺭﻳﺦ ﺍﻷﻣﻢ ﻓﻤﺒﺎﺡ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﺸﺘﻤﻼً ﻋﻠﻰ ﻫﺠﻮ ﻭﺳﺨﻒ، ﻓﺤﺮﺍﻡ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﺸﺘﻤﻼً ﻋﻠﻰ ﻭﺻﻒ ﺍﻟﺨﺪﻭﺩ ﻭﺍﻟﻘﺪﻭﺩ ﻭﺍﻟﺸﻌﻮﺭ ﻭﺍﻟﺨﺼﻮﺭ، ﻓﻤﻜﺮﻭﻩ ﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺘﺮﺗﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺛﻮﺭﺍﻥ ﺍﻟﺸﻬﻮﺓ، ﻭﺇﻻ ﺣﺮﻡ .
ﺍﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﺍﻟﺸﻌﺮ ﺍﻟﻤﺘﻌﻠﻖ ﺑﻤﺪﺡ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﻤﺎ ﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﻭﻻ ﻳﻜﺮﻩ ﻳﺒﺎﺡ ﺇﻧﺸﺎﺩﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ .
ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﺇﻧﺸﺎﺩ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﺣﺴﻦ ﺇﻥ ﺗﻀﻤﻦ ﺛﻨﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ، ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻭ ﺣﺜﺎً ﻋﻠﻰ ﺧﻴﺮ، ﻭﻏﻼ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ .
ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ : ﺇﻧﺸﺎﺩ ﺍﻟﺸﻌﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﺇﻥ ﺍﺷﺘﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺣﻜﻢ ﻣﻮﺍﻋﻆ ﻭﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ ﻣﻤﺎ ﻻ ﻳﺨﺎﻟﻒ ﺍﻟﺸﺮﻉ؛ ﻭﻟﻢ ﻳﺸﻮﺵ ﺟﺎﺋﺰ، ﻭﺇﻻ ﺣﺮﻡ
3. Hukum cinta tanah air ( nasionalisme ) dan hukum tidak cinta tanah air ( anti NKRI dan perangkat-perangkatnya )
Nasionalisme harus terpatri dalam sanubari setiap anak bangsa demi menjaga semangat mempertahankan, siap berkorban dan berjuang demi bangsa, sehingga tetap lestari dalam kemajmukannya baik di bidang agama, suku dan budayanya terpelihara menjadi kekuatan riil demi memperkokoh kedaulatan bangsa.
Sehingga terciptalah suasana kehidupan yang damai, saling menghormati, menghargai, melindungi, dan mengasihi.
Dalam sebuah hadits disebutkan:
ﻛﺎﻥ ﺍﺫﺍ ﻗﺪﻡ ﻣﻦ ﺳﻔﺮ ﻓﻨﻈﺮ ﺍﻟﻰ ﺟﺪﺭﺍﻥ ﺍﻟﻤﺪﻳﻨﺔ ﺃﻭﺿﻊ ﺭﺍﺣﻠﺘﻪ ﻭﺍﻥ ﻛﺎﻥ ﻋﻠﻰ ﺩﺍﺑﺔ ﺣﺮﻛﻬﺎ ﻣﻦ ﺣﺒﻬﺎ . ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻯ
“Tatkala Rasulullah SAW. Pulang dari bepergian dan melihat dinding kota Madinah, beliau mempercepat laju kudanya. Dan bila mengendarai tunggangan, maka beliau gerak-gerakkan karena cintanya pada Madinah.”
Syekh Ibnu Hajar al-‘Ashqalani menegaskan bahwa hadits tersebut menunjukkan dua hal pokok: yakni tentang keutamaan kota Madinah dan disyariatkannya cinta tanah air.
ﻓﺘﺢ ﺍﻟﺒﺎﺭﻱ ﻻﺑﻦ ﺣﺠﺮ ‏( /3 621 ‏)
ﻭَﺭِﻭَﺍﻳَﺔُ ﺍﻟْﺤَﺎﺭِﺙِ ﺑْﻦِ ﻋُﻤَﻴْﺮٍ ﻫَﺬِﻩِ ﻭَﺻَﻠَﻬَﺎ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﺃَﺣْﻤَﺪُ ﻗَﺎﻝَ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢُ ﺑْﻦُ ﺇِﺳْﺤَﺎﻕَ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺍﻟْﺤَﺎﺭِﺙُ ﺑْﻦُ ﻋُﻤَﻴْﺮٍ ﻋَﻦْ ﺣُﻤَﻴْﺪٍ ﺍﻟﻄَّﻮِﻳﻞِ ﻋَﻦْ ﺃَﻧَﺲٍ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻛَﺎﻥَ ﺇِﺫَﺍ ﻗَﺪِﻡَ ﻣِﻦْ ﺳَﻔَﺮٍ ﻓَﻨَﻈَﺮَ ﺇِﻟَﻰ ﺟُﺪُﺭَﺍﺕِ ﺍﻟْﻤَﺪِﻳﻨَﺔِ ﺃَﻭْﺿَﻊَ ﻧَﺎﻗَﺘَﻪُ ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺩَﺍﺑَّﺔٍ ﺣَﺮَّﻛَﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺣُﺒِّﻬَﺎ ﻭَﺃَﺧْﺮَﺟَﻪُ ﺃَﺑُﻮ ﻧُﻌَﻴْﻢٍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﺨْﺮَﺝِ ﻣِﻦْ ﻃَﺮِﻳﻖِ ﺧَﺎﻟِﺪِ ﺑْﻦِ ﻣَﺨْﻠَﺪٍ ﻋَﻦْ ﻣُﺤَﻤَّﺪِ ﺑْﻦِ ﺟَﻌْﻔَﺮِ ﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﻛَﺜِﻴﺮٍ ﻭَﺍﻟْﺤَﺎﺭِﺙِ ﺑْﻦِ ﻋُﻤَﻴْﺮٍ ﺟَﻤِﻴﻌًﺎ ﻋَﻦْ ﺣُﻤَﻴْﺪٍ ﻭَﻗَﺪْ ﺃَﻭْﺭَﺩَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﻃَﺮِﻳﻖَ ﻗُﺘَﻴْﺒَﺔَ ﺍﻟْﻤَﺬْﻛُﻮﺭَﺓَ ﻓِﻲ ﻓَﻀَﺎﺋِﻞِ ﺍﻟْﻤَﺪِﻳﻨَﺔِ ﺑِﻠَﻔْﻆِ ﺍﻟْﺤَﺎﺭِﺙِ ﺑْﻦِ ﻋُﻤَﻴْﺮٍ ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻧَّﻪُ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺍﺣِﻠَﺘَﻪُ ﺑَﺪَﻝَ ﻧَﺎﻗَﺘِﻪِ ﻭَﻭَﻗَﻊَ ﻓِﻲ ﻧُﺴْﺨَﺔِ ﺍﻟﺼَّﻐَﺎﻧِﻲِّ ﻭَﺯَﺍﺩَ ﺍﻟْﺤَﺎﺭِﺙُ ﺑْﻦُ ﻋُﻤَﻴْﺮٍ ﻭَﻏَﻴْﺮُﻩُ ﻋَﻦْ ﺣُﻤَﻴْﺪٍ ﻭَﻗَﺪْ ﻧَﺒَّﻬْﺖُ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻦْ ﺭَﻭَﺍﻩُ ﻛَﺬَﻟِﻚَ ﻣُﻮَﺍﻓِﻘًﺎ ﻟِﻠْﺤَﺎﺭِﺙِ ﺑْﻦِ ﻋُﻤَﻴْﺮٍ ﻓِﻲ ﺍﻟﺰِّﻳَﺎﺩَﺓِ ﺍﻟْﻤَﺬْﻛُﻮﺭَﺓِ ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳﺚِ ﺩِﻟَﺎﻟَﺔٌ ﻋَﻠَﻰ ﻓَﻀْﻞِ ﺍﻟْﻤَﺪِﻳﻨَﺔِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﻣَﺸْﺮُﻭﻋِﻴَّﺔ ﺣﺐ ﺍﻟﻮﻃﻦ ﻭﺍﻟﺤﻨﻴﻦ ﺇِﻟَﻴْﻪِ
Sayyidina Umar bin Khattab RA. Menjelaskan:
ﻭﻟﻮﻻ ﺣﺐ ﺍﻟﻮﻃﻦ ﻟﺨﺮﺏ ﺑﻠﺪ ﺍﻟﺴﻮﺀ ﻓﺒﺤﺐ ﺍﻷﻭﻃﺎﻥ ﻋﻤﺮﺕ ﺍﻟﺒﻠﺪﺍﻥ
“Seandainya tidak ada cinta tanah air, niscaya akan semakin hancur suatu negeri yang terpuruk.
Maka dengan cinta tanah air, negeri-negeri akan termakmurkan.”
ﺭﻭﺡ ﺍﻟﺒﻴﺎﻥ ‏( /6 442 ‏)
ﻗﺎﻝ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻟﻮﻻ ﺣﺐ ﺍﻟﻮﻃﻦ ﻟﺨﺮﺏ ﺑﻠﺪ ﺍﻟﺴﻮﺀ ﻓﺒﺤﺐ ﺍﻷﻭﻃﺎﻥ ﻋﻤﺮﺕ ﺍﻟﺒﻠﺪﺍ
NB: Dari paparan ringkas ini bisa disimpulkan bahwa :
1. Menggaungkan syiir ya lal wathon saat pelaksanaan sa’I adalah sebuah kebaikan dengan syarat tidak disuarakan dengan arogan hingga mengganggu yang lain, karena cinta tanah air adalah kewajiban setiap muslimin.
Terlebih lagi, saat ini ajaran cinta tanah air banyak yang tidak memahaminya.
2.Tidak mencintai NKRI beserta perangkatnya adalah perbuatan dosa.
Maka, diharuskan untuk segera bertaubat, terlebih saat melaksanakan ibadah sa’I.

(Muslimoderat.net) 

TerPopuler